Tuesday 28 February 2012

Visit Goa Akbar





Goa Akbar teletak di tengah Kota Tuban tepatnya di Desa Gedongombo Kecamatan Semanding atau di bawah Pasar Baru Tuban. Goa ini merupakan goa yang memiliki banyak pengunjung, dan sebagian besar pengunjung goa ini adalah peziarah makam Sunan Bonang. Semua itu dikarenakan jarak antara makam Sunan Bonang dengan Goa Akbar yang relatif dekat.
Goa Akbar merupakan Goa Alami yang indah dengan tambahan kolam Air tawar dan Ikan-ikan mas yang terpelihara dengan baik. Goa Akbar juga memiliki banyak Ruang dan Ornamen Batu dalam berbagai bentuk dan memiliki kisah  sendiri-sendiri yang erat hubungannya dengan sejarah para wali dalam melakukan syiar Agama Islam di Kota Tuban.
Beberapa diantara Ruang atau Ornamen batu yang terdapat di Goa Akbar adalah Pertapaan Andong Tumapak dan Gampeng Watu Nogo. Pertapaan Andong Tumapak adalah tempat yang diyakini sebagai tempat pertapaan Sunan Bejagung (Sayyid Abdullah Asyari), penyebar agama Islam di Jawa sebelum Wali Songo. Konon katanya  Sunan Bejagung bertapa untuk memenuhi permintaan Bupati Tuban pada waktu itu, untuk memohon petunjuk pada Allah dalam menghadapi serangan musuh. Gampeng Watu Nogo, Bentuk batu-batu dalam ruangan bila digabungkan akan memiliki bentuk yang menyerupai ular naga. Dan masih banyak ruangan dan ornamen-ornamen batu yang terdapat di dalam Goa Akbar. Anda penasaran apa saja ruangan dan ornamen batu yang ada di Goa Akbar silahkan Kunjungi  Goa Akbar sekarang juga !!! (RSP)

0 comments:

Post a Comment